Sambutan Ketua HKFM Indonesia

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Semoga Keselamatan dan Keberkahan senantiasa teriring bagi kita semua.
Sejawat yang berbahagia, perjuangan kita menghadapi pandemi Covid-19 belum usai, sementara di sisi lain problematika obstetri kian mendera. Masalah prematuritas, preeklamsia dan pertumbuhan janin terhambat masih terus kita hadapi sehari-hari. Sementara problematika emerging lain seperti spektrum plasenta akreta, masalah infeksi di bidang obstetri serta optimalisasi 1000 hari pertama kehamilan dengan persiapan pra-konsepsi turut menyita pemikiran kita.
Temuan-temuan baru dalam bidang Ilmu Kedokteran Fetomaternal mulai dari ilmu dasar, diagnostik, serta terapeutik telah sedikit banyak merubah bentuk wajah dari problematika di atas. Hal-hal baru tersebut sekiranya perlu menjadi perhatian bagi seluruh sejawat di Tanah Air sehingga menyelaraskan persepsi dan tata-laksana klinis di fasilitas kesehatan tempat berpraktik masing-masing.
Dikarenakan PIT Fetomaternal ke-22 di Denpasar yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2021 ini, menjadi diundur ke 2022, maka HKFM Indonesia mengambil insiatif mengisi kekosongan Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan berskala nasional di bidang Ilmu Kedokteran Fetomaternal pada tahun ini dengan menyelenggarakan Konferensi Virtual HKFM Indonesia untuk kali pertama. Dan tidak menutup kemungkinan bilamana mendapatkan respon yang baik, maka konferensi virtual ini akan kami selenggarakan secara berkala tiap tahunnya, sebagai ujud sumbangsih kami dalam bidang penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas layanan obstetri di Indonesia supaya bisa bersaning secara global serta khususnya dalam upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi.
Akhir kata kami HKFM Indonesia mengucapkan selamat mengikuti acara ini dan semoga bermanfaat bagi sejawat sekalian dan bagi masyarakat Indonesia.

Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Ketua HKFM Indonesia

Prof. Dr. dr. Erry Gumilar Dachlan, SpOG (K)-KFM

 

 

Sambutan Ketua Panitia

Assalamu’alaikum Wr Wb

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas ijin dan rahmat-Nya Konferensi Virtual HKFM Indonesia untuk kali pertama akan segera diselenggarakan secara Nasional pada tanggal 25-27 Juni 2021.
Pandemi Covid-19 telah merubah skema Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan, memaksimalkan penggunaan teknologi digital yang mampu di akses kapan saja dan dimana saja. Pertemuan ilmiah berskala nasional yang lazimnya diselenggarakan pada suatu venue hingga mengumpulkan ribuan dokter dapat dilakukan secara pribadi di lokasi masing-masing sehingga dapat mengurangi risiko transmisi Covid-19
Konferensi Virtual HKFM Indonesia merupakan forum pertemuan ilmiah bagi konsultan fetomaternal, spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis lainnya, dokter umum, serta residen yang berminat dalam bidang fetomaternal.
Tema yang kami usung dalam acara ini adalah “The New Faces of The Great Obstetrics Problems”. Wajah-wajah baru dari Persalinan preterm, Preeklamsia dan Pertumbuhan Janin Terhambat akan diulas secara tuntas dan lugas mulai dari basic science, diagnosis, tata-laksana, kontroversi, serta pengalaman penanganan pada berbagai senter, hingga akhirnya dapat diramu menjadi suatu rekomendasi yang dapat digunakan oleh seluruh sejawat di Indonesia.
Konferensi virtual ini juga ini diharapkan mampu memberi penyegaran ilmu dan keterampilan berbasis penelitian yang disajikan dalam makalah bebas serta workshop sebagai wujud kesatuan entitas dari penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat. Kolaborasi antar disiplin, antar profesi, dan lintas sektoral sangat diharapkan dalam konteks menemukan solusi kreatif terhadap percepatan penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia. Oleh karenanya kami menggagas ‘Sarasehan Nasional – Lompatan Kreatif Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi yang menkolaborasikan dan mengelaborasikan antara HKFM – POGI – IDI – IBI – Serta Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di Indonesia.
Besar harapan kami sekiranya sejawat dapat meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini dan semoga acara ini dapat bermanfaat bagi pelayanan obstetri khususnya dibidang Fetomaternal di Indonesia

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ketua Panitia,
Prof. Dr. dr. Sri Sulistyowati, SpOG (K)-KFM